Efektifitas Pembelajaran Bahasa Arab dengan Kitab Madarid al-Durus al-Arobiyah di Pondok Pesantren Ilmu Al-Quran Singosari Malang

Judul : Efektifitas Pembelajaran Bahasa Arab dengan Kitab Madarid al-Durus al-Arobiyah di Pondok Pesantren Ilmu Al-Quran Singosari Malang (Skripsi)
Pengarang : Moch. Machrus Salim
Publikasi : Surabaya : IAIN Sunan Ampel, 2008.
Subjek : PENDIDIKAN ISLAM- MEDIA, PESANTREN, PENDIDIKAN ISLAM- METODA DAN SISTEM
Kata Kunci : media pembelajaran, pondok pesantren, istima' kalam, kitabah, pembelajaran bahasa arab.
Abstrak : Ada 3 (tiga) persoalan yang dikaji dalam skripsi ini yaitu tentang bagaimana penggunaan kitab madarid al-durus al-arobiyah dalam pembelajaran bahasa arab di pondok pesantren al-Quran Singosari Malang, bagaimana kesulitan dan solusinya serta efektifitas pembelajarannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan media kitab madarid al-durus al-arobiyah dalam pembelajaran di pondok pesantren. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa kitab madarid al-durus al-arobiyah tersebut mudah dipelajari oleh santri yang baru mengenal bahasa arab, melalui metode istima' qiro'ah, kalam, kitabah, tahapan pembelajaran bertahap berdasarkan jilid tingkat kesulitannya sehingga sangat efisien.
No. Dokumen : ur4003