Pembaharuan Pendidikan Pesantren : sebuah analisa sosiologis pemikiran KH. Wahid Hasyim

Judul : Pembaharuan Pendidikan Pesantren : sebuah analisa sosiologis pemikiran KH. Wahid Hasyim (Artikel)
Pengarang : Siti Mahmudah
Publikasi : Malang : UIN Malang, 2008
Subjek : PENDIDIKAN ISLAM - PEMBAHARUAN, PESANTREN, PENDIDIKAN METODA DAN SISTEM
Kata Kunci : madrasah, Pembaharuan Pendidikan, Pendidikan Ma'arif, A. Wahid Hasyim, sekolah guru agama, madrasah nizamiyah
Abstrak : PA Wahid Hasyim adalah seorang ulama' yag dikenal cerdas dan kreatif. Walaupun tidak pernah mengenyam pindidikan formal, namun banyak ide-ide dan usaha yang dilontarkan dalam rangka pembaharuan di bidang pendidikan, terutama pendidikan di pesantren, diantaranya menjadi pelopor dalam merubah metode belajar di pesantren dari 'bandongan' menjadi tutorial, agar para santri menjadi lebih dinamis, kreatif, dan pemberani. Menjadi sponsor berdirinya madarasah Nizamiyah, dengan 70% persen kurikulumnya adalah pengetahuan umum. Mayoritas santri tidak perlu mengerti bahasa arab, jika kitab yang dipelajari bisa dimengerti tanpa menggunakan bahasa arab, agar waktu selebihnya bisa digunakan untuk mempelajari pengetahuan dan ketrampilan yang lain. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan pesantren beliau juga mendirikan perpustakaan dan melanggan majalah dan surat kabar, mendirikan ikatan pelajar, taman bacaan, lembaga pendidikan Ma'arif NU, dan lain sebagainya.
No. Dokumen : ur2002