Analisis Kebutuhan Pengembangan Madrasah di Mataram Dalam Menghadapi Akreditasi Madrasah

Judul : Analisis Kebutuhan Pengembangan Madrasah di Kota Mataram Dalam Menghadapi Akreditasi Madrasah
Pengarang : Supardi dan M. Natsir
Publikasi : Jurnal Penelitian Keislaman IAIN Mataram, Vol. 3, No. 1, Desember 2006
Subjek : Pendidikan Islam - Administrasi
Kata Kunci : Akreditasi, pengembangan madrasah, potensi, kinerja, Mataram
Abstrak :Akreditasi madrasah merupakan proses penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan dan kinerja atau program pendidikan yang mencakup empat komponen akreditasi sebagai bentuk akuntabilitas publik. Akreditasi diharapkan mampu mendorong madrasah untuk menyediakan layanan pendidikan yang bermutu, paling tidak sesuai dengan standar pelayanan minimal (SPM) yang ditetapkan pemerintah. Konsekuensi yang sangat berat yang harus diterima bagi setiap lembaga pendidikan, termasuk madrasah negeri maupun swasta bila tidak terakreditasi adalah lembaga pendidikan tersebut tidak diizinkan mengeluarkan ijazah bagi setiap lulusannya. Mengingat konsekuensi tersebut maka sangat urgen diperhatikan perinsip-perinsip dalam pengembagan madrasah agar lebih prospektif. Riset ini merupakan salah satu alternatif yang dapat membantu madrasah mengenal secara objektif jati diri madrasah atau mengenal potensi-potensi yang dimiliki madrasah serta mengenal kelemahannya dalam penyelenggaraan pendidikan. Terkait dengan hal itu, secara spesifik riset ini mendeskripsikan kebutuhan-kebutuhan pengembangan madrasah, dengan melakukan analisis sebelumnya tentang kelemahan dan potensi yang dimiliki madrasah.
Dokumen : file