Implementasi KBK Bidang Studi Agama di MAN 2 Mataram

Judul : Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) Bidang Studi Agama Di MAN 2 Mataram
Pengarang : Maimun
Publikasi : Jurnal Penelitian Keislaman IAIN Mataram, Vol. 2, No. 1, Desember 2005
Subjek : Pendidikan Islam - Kurikulum
Kata Kunci : Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), kompetensi, desentralisasi, pendidikan agama, implementasi
Abstrak :Kurikulum berbasis kompetensi (KBK) disosialisasikan sejak 1999, seiring wacana perubahan lainnya yang memang bergemuruh dalam berbagai bidang di negeri ini. Pelaksanaan KBK pada dasarnya adalah desentralisasi dan otonomi institusi pendidikan untuk menyiapkan output (lulusan) yang benar-benar menjawab kebutuhan user, baik dunia usaha maupun masyarakat. Dalam hubungan itu, KBK juga diterapkan pada pendidikan agama mengingat orientasi pendidikan agama adalah untuk membangun karakter anak didik yang sesuai dengan norma-norma agama, sehingga ia menjadi anak yang berakhlak. Pelaksanaan KBK di MAN 2 Mataram telah 2 (dua) tahun ini berlangsung dengan dukungan penuh dari pihak Kepala Madrasah. Dari segi persiapan yang dilakukan, para guru PAI itu telah menyusun persiapan, meskipun belum sepenuhnya mengacu pada model pengembangan silabus sesuai tuntutan KBK. Dari segi praktek, implementasi bidang studi PAI dalam pembelajaran sudah mendekati model KBK. Hanya saja penggunaan metode dan evaluasi yang diterapkan umumnya masih konvensional seperti evaluasi model portofolio belum mereka gunakan. Berdasarkan kenyataan tersebut, ke depan perlu ada usaha serius untuk meningkatkan profesionalisme guru bidang studi PAI agar pembelajaran dapat berlangsung secara lebih efektif dan menarik.
Dokumen : file