Kekerasan Terhadap Anak dalam Sistem Pendidikan Pesantren

Judul : Kekerasan Terhadap Anak Dalam Sistem Pendidikan Pesantren (Studi di Pondok Pesantren Nurul Hakim Kediri)
Pengarang : Nurhilaliati
Publikasi : Jurnal Penelitian Keislaman IAIN Mataram, Vol. 1, No. 2, Juni 2005
Subjek : Pendidikan Islam - Metoda dan Sistem
Kata Kunci : anak, hak anak, proses pendidikan, tindak kekerasan, tindakan mendidik
Abstrak :Di pelosok dunia manapun anak masih dianggap sebagai harta yang tak ternilai harganya. Anak merupakan sumber kebahagiaan sekaligus sumber masalah bagi orang tua (dewasa). Banyak harapan sekaligus beban yang diletakkan di pundak anak. Berdasarkan harapan dan beban ini, bermacam-macam pula perlakuan dari orang dewasa yang dihadapi oleh anak , mulai dari perlakuan manis yang memanjakan, sampai dalam banyak hal yang seringkali merugikan. Di berbagai locus masih banyak anak yang mendapatkan tindak kekerasan berupa bentakan, ancaman, cubitan, pemukulan bahkan pembunuhan. Dunia pendidikan pun tidak terlepas dari perlakuan yang merugikan anak, demikian juga dengan pondok pesantren. Di Pondok Pesantren Nurul Hakim, sebenarnya telah ada ketentuan pimpinan, bahwa tidak boleh lagi ada tindak kekerasan dalam proses pendidikan. Akan tetapi masih saja ditemukan sebagaian kecil ustad dan santri senior (pengurus) yang melakukannya. Tindak kekerasan yang terjadi dalam proses pendidikan di pondok pesantren tersebut dianggap sebagai tindakan mendidik dan termasuk salah satu metode pembelajaran. Tindak kekerasan dalam bentuk apapun dan dilakukan oleh siapapun akan berdampak pada fisik dan psikis anak dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
Dokumen : file