Kontribusi Minat Belajar dan Kemampuan Klarifikasi Nilai Sejarah Dalam Pembentukan Sikap Nasionalisme

Judul : Kontribusi Minat Belajar dan Kemampuan Klarifikasi Nilai Sejarah Dalam Pembentukan Sikap Nasionalisme
Pengarang : Ibnu Hizam
Publikasi : Jurnal Penelitian Keislaman IAIN Mataram, Vol. 3, No. 2, Juni 2007
Subjek : Pendidikan Islam - Pendidikan Menengah Islam
Kata Kunci : Nasionalisme, sejarah, pendidikan, minat belajar, klarifikasi
Abstrak :Dalam pembangunan bangsa, proses membangkitkan dan mempertahankan kesadaran sikap nasionalisme merupakan suatu yang amat fundamental guna mempertahankan identitas nasional di tengah arus globalisasi nilai budaya saat ini. Dalam mempertahankan identitas dan semangat nasionalisme tersebut di kalangan para siswa madrasah aliyah se-Kota Mataram telah dilakukan dengan jalan memberikan pendidikan sejarah bangsa Indonesia kepada peserta didik. Namun kenyataannya sikap nasionalisme yang dimiliki para siswa cukup menghawatirkan. Sikap nasionalisme para siswa madrasah aliyah se-Kota Mataram rata-rata dalam kategori rendah, sedangkan yang memiliki sikap nasionalisme cukup tinggi hanya 8%. Pembentukan sikap nasionalisme siswa di atas, dipengaruhi oleh minat siswa dalam mempelajari sejarah dan kemampuan siswa mengklarifikasi nilai sejarah. Minat belajar sejarah dan kemampuan klarifikasi nilai sejarah secara bersama-sama, mampu menjelaskan perubahan sikap nasionalisme di kalangan para siswa madrasah aliyah se-Kota Mataram sebesar 24,7%.
Dokumen : file