Judul : Inovasi Kurikulum Pesantren (Memproyeksikan Model Pendidikan Alternatif Masa Depan)
Pengarang : Dwi Priyanto
Publikasi : Jurnal Ibda, vol.4. no.1, Jan-Jun, Purwokerto : STAIN, 2006.
Subjek : Pendidikan Islam- Kurikulum, Pesantren
Kata Kunci : pembaharuan pendidikan, pendidikan moral, pendidikan alternatif, model pendidikan, kurikulum pesantren, pengembangan pendidikan, pondok pesantren.
Abstrak : Terdapat penilaian bahwa sistem pendidikan di Indonesia sampai saat ini jika tidak dianggap gagal, belum mampu untuk mewujudkan target pengembangan pendidikan nasional, yang ingin mengembangkan manusia Indonesia secara holistic atau menyeluruh. Meningkatnya kasus penggunaan dan peredaran narkoba dikalangan siswa, kurangnya rasa horma kepada orang tua dan guru, muncul egoisme suku yang menjurus kepada sparatisme, kerendahan moral para pelaku pemerintah adalah indikasi-indikasi pendukung penilaian tersebut. Hal ini menunjukkan adanya suatu yang salah dalam sistem pendidikan kita, yaitu tiadanya perhatian kepada aspek moral. Artikel ini membahas tentang model pesantren dalam ranah pendidikan yang telah membuktikan output pendidikannya yaitu santri saleh. Mengungkapkan berbagai aspek dan cirikhas pendidikan tanpa menyangkal kelemahan-kelemahanyang dimiliki. Dengan harapan keunggulan dan aspek-aspek yang baik dapat bermanfaat untuk memperbaiki kelemahan pada model pendidikan yang diterapkan secara resmi oleh pemerintah didalam skala nasional. Karenanya dengan bekerja keras untuk merancang sebuah inovasi kurikulum di dalam pendidikan pesantren, kita berharap pesantren dapat muncul sebagai model dari pendidikan alternatif.
No. Dokumen : ur2001