Madrasah sebagai the Centre of Excellence

Judul : Madrasah sebagai the Centre of Excellence
Pengarang : Rahardjo
Publikasi : Jurnal Ibda, vol.4. no.1, Jan-Jun, Purwokerto : STAIN, 2006.
Subjek : PENDIDIKAN ISLAM - INDONESIA, PESANTREN, PENDIDIKAN MENENGAH ISLAM
Kata Kunci : madrasah, inovasi pendidikan, peningkatan mutu madrasah, POMG, mendidik kecerdasan, membina moral.
Abstrak : Lembaga Pendidikan Agama Islam pertama didirikan di Indonesia adalah dalam bentuk pesantren. Dengan karakteristik yang khas 'riligius oriented', pesantren mampu meletakkan dasar-dasar pendidikan keagamaan yang kuat. Para santri tidak hanya dibekali pemahaman tentang ajaran Islam tetapi juga kemampuan untuk penyebarkan dan mempertahankan Islam. Masuknya model pendidikan sekolah membawa dampak yang kurang menguntungkan bagi ummat Islam saat itu, yang mengarah pada lahirnya dikotomi ilmu agama (Islam) dan ilmu skuler (ilmu umum dan ilmu skuler. Dualisme model pendidikan yang konfrontatif tersebut telah mengilhami munculnya gerakan reformasi dalam pendidikan pada awal abad dua puluh. Disamping madrasah mendidik kecerdasan juga membina moral dan akhlak siswa yang merupakan nilai plus dari madrasah.
No. Dokumen : ur2005