Diagnosis kesulitan belajar matematika kelas XII Madrasah Aliyah Negeri Buntok

Judul : Diagnosis kesulitan belajar matematika kelas XII Madrasah Aliyah Negeri Buntok tahun pelajaran 2007/2008
Pengarang : Suliyantini
Publikasi : Banjarmasin:Fak.Tarbiyah IAIN Antasari Banjarmasin, 2008.
Subjek : pendidikan Islam
Kata Kunci : Metode pembelajaran, Aritmetika,Program Linier, Notasi Sigma, motivasi
Abstrak :Penelitian ini menggambarkan tentang kesulitan belajar siswa kelas XII Madrasah Aliyah Negeri Buntok tahun pelajaran 2007/2008. Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah dimana letak kesulitan belajar matematika siswa kelas XII Madrasah Aliyah Negeri Buntok tersebut.Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa kesulitan belajar matematika siswa kelas XII MAN Buntok yaitu terletak pada pemahaman konsep dimana siswa mengalami kesulitan pada materi induksi matematika, integral, dan program linear. Kemudian kesulitan pada pemahaman simbol yaitu pada materi integral dan program linear. Sedangkan kesulitan pada proses mengerjakan soal terletak pada materi induksi matematika, program linear, dan notasi sigma pada barisan dan deret aritmatika. Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika siswa kelas XII MAN Buntok adalah minat belajar matematika masih kurang, usaha siswa dan motivasi untuk belajar matematika masih kurang , suasana belajar dimadrasah tersebut belum mendukung, dan fasilitas belajar yang dapat menunjang kelancaran belajar siswa belum lengkap.Untuk motivasi guru, proses belajar mengajar, perhatian orang tua terhadap siswa sudah cukup baik sehingga tidak menjadi salah satu faktor penyebab kesulitan belajar siswa kelas XII Madrasah Aliyah Negeri Buntok.
Dokumen : lr4003 cover & abstrak, bab 1, bab 2 , bab 3, bab 4 , bab 5, daftar pustaka
SUMBER : Perpustakaan IAIN Antasari banjarmasin