Prosedur dan Efektifitas Pengembangan Media Pembelajaran Kitab Matnul Ghoyah wat Taqrib bab Haji menggunakan Macromedia Flash 8 di Pesantren Luhur

Judul : Prosedur dan Efektifitas Pengembangan Media Pembelajaran Kitab Matnul Ghoyah wat Taqrib bab Haji menggunakan Macromedia Flash 8 di Pesantren Luhur al Husna Surabaya (Skripsi)
Pengarang : Saiful Arifin
Publikasi : Surabaya : IAIN Sunan Ampel, 2008.
Subjek : PENDIDIKAN ISLAM- MEDIA, PESANTREN, PENDIDIKAN ISLAM- METODA DAN SISTEM
Kata Kunci : media pembelajaran, pondok pesantren, metode sorogan, metode wetonan, bandongan, pembelajaran berbasis multimedia.
Abstrak : Pembelajaran Kitab matnul Ghoyah wat Taqrib bab Haji menggunakan metode tradisional, baik wetonan maupun sorogan belum cukup mampu memberikan gambaran menyeluruh tentang bab Haji. Akibatnya santri tidak memiliki pemahaman yang konkrit tentang pelaksanaan ibadah haji. Oleh karena itu untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien perlu diadakan suatu pengembangan media pembelajaran, diantaranya adalah dengan pemanfaatan perkembangan teknologi informasi yang menunjang pembelajaran berbasis multimedia. Macromedia Flash 8 menjadi alternatif dalam pengembangan media pembelajaran ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur dan efektifitas pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan Macromedia Flash 8. Fokus pembahasan adalah tentang model pengembangan dan pentahapannya. Sedangkan efektifitas dinilai dari 4 aspek yaitu kualitas tampilan, penyajian materi, interaksi pengguna dan interaksi program. Jenis penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini bahwa pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan Macromedia Flash 8 di Pesantren luhur al-Husna Surabaya menggunakan model Alessi dan Trollip yang sudah dimodifikasi. Media dinilai cukup efektif untuk mendukung pembelajaran kitab Taqrib bab haji.
No. Dokumen : ur4002