Dakwah Bil hal di Lingkungan Lembaga-Lembaga Dakwah Propinsi Lampung Dalam Upaya Pengembangan Masyarakat Islam di Propinsi Lampung

Judul : Dakwah bil hal di lingkungan lembaga-lembaga dakwah di Propinsi Lampung dalam upaya pengembangan masyarakat Islam di Propinsi Lampung (Artikel)
Pengarang : M. Saefuddin
Publikasi : Jurnal Analisis, Vol. 3, No. 1, Juli 2003, Hal. 82-90
Subjek : DAKWAH BIL HAL
Kata Kunci : Dakwah Bil Hal, Lembaga Dakwah, Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama, Pengembangan Masyarakat Islam
Abstrak : Fokus penelitian ini adalah bagaimana lembaga dakwah Propinsi Lampung dapat membentuk ummatan khairan atau umat yang baik melalui aktivitas dakwah bil hal atau kegiatan nyata dalam pengembangan masyarakat Islam di lampung. Muhammadiyah, NU, LDII, dan MDI merupakan organisasi kemasyarakatan keagamaan yang memiliki fungsi "amar makruf nahi munkar" yakni menyuruh berbuat kebaikan dan mencegah perbuatan jahat. Untuk melakukan fungsi ini, tujuan ppertama dakwah adalah mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang terletak pada pengembangan iman dan takwa (imtak), ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), dan pandangan pengembangan nasional baik materil maupun spirituil. Faktor penentu dalam kesuksesan lambaga dakwah adalah kerjasama dengan pemerintah dan partisipasi masyarakat dalam menghadapi permasalahan sosial dan ekonomi.
Dokumen : ok2010